Minggu, 17 Mei 2009

CARA MENGATASI RASA CEMAS



Pendahuluan

Setiap orang selalu diharapkan untuk bisa berkembang melalui proses belajar tersebut. Setiap perasaan yang menyertai proses belajarnya itu diharapkan diselesaikan oleh siswa dengan baik, baik itu perasaan menyenangkan atau tidak menyenangkan. Setiap pelajar akan bisa mengatasi perasaan yang setiap kali muncul jika siswa tersebut mengatahui cara untuk mengatasinya.

A. Pengertian Rasa Cemas

Kecemasan adalah sesuatu kejadian pada diri kita yang bisa menimbulkan detak jantung agak keras, nafas yang memburu, keluar keringat, perasaan tidak enak dilambung dan rasa kaku di dada.

Menurut DR.John E. Haggai penyakit cemas dapat memecah belah perasaan, karena itu emosinya yang tidak stbil. Kecemasaan memecah belah pengertian, karena keyakinan-keyakinannya dangkal dan berubah-berubah. Kecemasan memecah belah kesanggupan untuk melihat, karena itu pengamatannya menjadi salah, melaset dan bahkan palsu. Kecemasan memecah belah kecakapannya untuk menilai karena itu sikap dan keputusan sering tidak adil. Keputusan-keputusan itu membawa kesusahan dan kesedihan.

B. Penyebab Rasa Cemas

Salah satu penyebab kecemasan adalah perasaan bersalah yang kemudian
menjadi sesuatu yang mengganggu. Rasa bersalah adalah sesuatu yang tidak pernah diinginkan, itulah sebab mengapa kita selalu takut dengan hal itu. Kebanyakan dari kita bila merasa besalah (bukan berbuat sala), keadaan hidup dan ketentraman batin akan mengalami gangguan, risih, salah tingkah dan lain sebagainya.

Pada umumnya rasa bersalah itu bisa berubah menjadi rasa malu yang akhirnya lari kepada suatu hal kejiwaan yaitu merasa rendah diri. Dan kemungkinan bagi seorang wanita akan mulai merasakan suatu kegagalan dan menganggap bahwa dirinya adalah mahluk yang tidak ada gunanya.

C. Akibat Rasa Cemas

Akibat yang bisa menimbulkan dari rasa cemas yaitu:

1) Dapat menyerang kesehatan fisik

Penyakit yang sering timbul yang disebabkan oleh perasaan cemas yaitu

Penyakit yang sering timbul yang disebabkan oleh perasaan cemas yaitu:

• Mempengaruhi jantung dan pemuluh darah karena rasa cemas bisa mempersempit pembuluh darah sehingga jalannya darah ke jantung menjadi tidak lancer.
• Menyerang pencernaan makanan.
• Menyerang otot dan tulang manusia
• Mempengaruhi pernafasaan
• Menyebabkan Impoten dan Frigiditas
• Mempengaruhi panca indra

2) Dapat menyebabkan kegilaan

Penyakit kecemasaan bisa berakibat fatal, Perasaan cemas tersebut berubah menjadi perasaan bersalah, kekecewaan, takut dan lain sebagainya. Hal ini disebabkan karena mempengaruhi organ-organ tubuh dan susunan syaraf yang ada akhirnya bisa menyebabkan kegilaan.

3) Menyebabkan Rendah diri

Diatas telah dikatakan bahwa penyebab rasa cemas salah satunya adalah karena mempunyai perasaan rendah diri. Rendah diri dapat berakibat tidak baik dalam kehidupan. Orang yang terkena penyakit rendah diri merasa dirinya tidak berguna lagi, terasing dan terbuang dari pergaulan.

D. Cara Mengatasi rasa Cemas

Rasa cemas bisa diatasi dengan beberapa cara yaitu:

1) Mengendalikan Emosi

Kematangan emosi ditandai dengan pengenalan dan menerima diri sendiri. Kematangan emosi dapat terlihat dari seseorang yang bisa:

• Mencegah kegelisahan
• Tidak mengandalkan emosi dalam berfikir
• Meredam kemarahan
• Meredam rasa gelisah

2) Mengendalikan Diri

Rasa cemas bisa diatasi dengan mengendalikan diri yaitu dengan tidak sering marah dan tidak terbawa oleh keadaan sehingga perasaan kita tetap bisa tenang.

3) Istirahat

Seseorang yang dalam keadaan tegang maka ia tidak akan bisa mencapai ketenangaan dan hal ini bisa menybabkan ia merasa cemas. Untuk itu melalui usaha yang cukup adalah satu cara untuk mecegah ketegangan, baik ketegangan fisik maupun psikis.

4) Penguasaan Pikiran

Untuk menghindari rasacemas kita harus bisa mengembangkan pengusahaan terhadap pikiran kita yang menunjuk kearah kemantapan jiwa yang mengalahkan kecemasan.

5) Merencanakan tindakan dengan matang

Orang yang bertingkah laku secara tergesa-gesa, gugup dan serba salah pasti sebelumnya ia tidak merencanakan tindakannya tiu. Sikap yang gugup dan tergesa-gesa mencerminkan pada jiwa dan suatu pemikiran yang lemah. Tanpa perencanaan dan pengorganisasian, maka pekerjaan kita menjadi berantakan dan hal ini akan membuat dampak serta pengaruh kejiwaan kita menjadi khawatir dan cemas.

6) Menyusuri keadaan diri untuk menekan kecemasan

Seseorang dapat dikatakan bahagia apabila mereka mau mensyukuri keadaan diri pada saat itu baik rezeki yang diterimanya kesejahteraan hidup maupun kesehatannya, tetapi bila kita tidak mensyukuri keadaan yang kita terima maka kita akan merasa cemas.

7) Membuang rasa dengki

Apabila kita ingin hidup tenteram maka lebih baik mungkin kita leyapkan rasa dengki yang melekat pada jiwa kita. Dengki adalah penyakit rohani yang nantinya akan menimbulkan perasaan cemas.

8) Medekatkan diri kepada Tuhan

Berdoa itu sangat penting bagi kemantapan jiwa kita karena kita yakin bahwa Tuhan adalah maha segalanya. Doa mempunyai dasar karena ia menyediakan bagi kita dinamik Illahi ketika menguasai teknik yang memimpin pada kemenangan atas kecemasan dan khawatiran.






MENGEMBANGKAN BERFIKIRAN POSITIF

1. Pengertian

Berfikiran positif adalah aplikasi aksi langsung yang praktis dari teknik spiritual untuk mengatasi kekalahan dan menang kepercayaan keberhasilan dan kebahagian (Norman Vincent Peale).

2. Kiat Berfikiran Positif

Berfikir seperti orang juara membuat seseorang menjadi juara. Itulah pentingnya mengetahui bagaimana memupuk sikap juara. Yang harus ditamankan pada diri berkaitan dengan memupuk sikap juara berfikir positif adalah:

1) Pastikan untuk mempunyai sikap positif dan segala akan berubah

Aset dalam belajar sekali kecerdasan, gen, dan lain sebagainya. Semua itu berperan dalam kemampuan belajar siswa. Tetepi da sesuatu yang lain yang dapat mempengaruhi proses belajar lebih dari gagabungan semuanya yaitu sikap positif.

Kalau siswa mempunyai harapan yang tinggi terhadap dirinya, harga dirinya tinggi, dan keyakinan bahwa akan berhasil, siswa akan memperoleh prestasi tinggi. Misalnya; jika kamu berfikir bahwa ujian kali ini akan gagal karena soalnya sangat banyak dan sulit, maka akan menjadi kenyataan bahwa anda sulit untuk mengerjakannya dan gagal/mngalami kegagalan. Seperti kata pepatah lama, tetapi masih berlaku; ‘Apa yang anda pikrkan akan menjadi kenyataan”.

2) Tanamkan pada diri bahwa diri anda adalah orang yang ingin menjalani hidup secara utuh.

Di dalam diri seseorang, sejak bayi terdapat diri yang secara alamiah ingin tahu, yang ingin mengalami resiko yang ada untuk menjalani hidup dengan prestasi, kegembiraan, energi, dan sinar.

Kalau seseorang sudah memulai melaksanakan sesuatu hal, orang itu bukan saja orang yang berkuasa, bahkan satu-satunya orang yang dapat membuat hal-hal itu terjadi adalah diri individu itu sendiri. Misalnya; seperti anak kecil yang bergerak dengan merangkak, kalian melihat orang-orang yang lebih dewasa berjalan dan kalian memutuskan untuk mencobanya. Sedikit demi sedikit, kalian mengembangkan keterampilan yang kamu butuhkan untuk berjalan. Mula-mula kalian belajar untuk membuat tubuh kalian sendiri, menyeimbangkan diri dengan dua kaki kecil kalian, lalu berpegangan pada meja dinding, jari-jemari orang tuamu sampai kalian bisa berjalan.

Ketika mempelajarinya, kalian pasti tersandung beberapa kali kadang-kadang terasa akit. Tetapi pernahkah kalian berhenti dan berfikir, “Yah , kupikir, aku bukanlah seorang pejalan, aku akan merangkak saja sepanjanng hidupku”. Tentu tidak! Kalian harus berjalan dan di dalam hati serta otak mungil kalian berkata bahwa berjalan itu adalah alamiah.

3) Kegagalan = umpan balik

. Dari belajar berjalan tadi pengalaman yang terpenting adalah cara kalian memandang kegagalan. , Setiap kegagalan kecil merupakan potongan informasi lain yang membawa kalian pada keberhasilan. Adalah umpan balik yang kalian butuhkan untuk melaksanakan beberapa perubahan penting. Satu-satunya kegagalan dalam hidup adalah kegagalan untuk mencoba.

4) Berbicara pada diri sendiri

Berilkanlah pujian pada diri kalian sendiri. Disepanjang jalan menuju kehidupan yang berhasil dan memuaskan, kalian harus memberi semangat pada diri kalian sendiri, umpan balik yang positf, dan beri hadiah karena keberhasilan itu. Pendeknya kalian harus memikul tanggung jawab atas pengalaman hidup kalian sendiri.

5) Dalam setiap situasi, kalian dapat membayanngkan berbagai macam scenario

Misalnya; kalian berpapasan dengan salah seorang teman di koridor sekolah, kamu tersenyum dan menyapa, dan temanmu itu berjalan terus tanpa menyapa dan mengelnalimu. Apabila kalian dalam situasi tersebut kalian dapat menciptakan scenario “pastiia sangat sibuk dengan tugasnya yang menjadi ketua pelaksana seminar hingga ia berjalan terus saja tanpa mendengar dan melihatku”. Dengan begitu kerangka pikirang kalian akan mendukung terciptang hubungan efektif yang berhasilbaik.

6) Harapkan yang terbaik dan kamu akan mendatangkan yang terbaik untuk menjadi kenyataan.

Kalian harus percaya bahwa kalian adalah orang yang kuat atau bahwa kata-kata itu dapat menciptakan dunia yang berbeda, cobalah eksperimen ini. Pikirkanlah tentang seseorang yang kalian tahu dapat memanfaatkan sikap mendukung. Misalnya; sahabatmu akhir-akhir ini sangat sedih, katakanlah sesuatu yang membuatnya tenang.

3.Beberapa pesan positif

1. Aku tahu aku dapat melakukan pekerjaan ini
2. pikirangku secara unik selalu mampu melakukannya.
3. Aku berjanji akan menguasai ini.
4. Segala sesuatu mendukungku dalam mencapai tujuanku.
5. Semakin sering aku prakitik, semakin baik yang aku dapatkan.
6. Aku belajar dari sesuatu dari kesalahan.
7. Kini aku benar-benar akan meraihnya.
8. Aku menjadi lebih baik setiap harinya.
9. Ini menyenangkan!
10. Otakku dalam semangat yang tinggi.
11. Otakku benar-benar bangga dengan dirikku sendiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar